RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MTsNEGERI MODEL MAKASSAR
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 3x40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
2. BERBICARA/KALAM
Mengungkapkan
pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentangالتعارف.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Melakukan
dialog sederhana tentang التعارف.
C.
INDIKATOR
1.
Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat secara berpasangan.
2.
Mengucapkan materi hiwar dengan lafal baikdan benar.
D.
Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat mendemostrasikan
materi hiwar dengan tepat secara berpasangan.
§ Siswa dapat mengucapkan materi hiwar dengan lafal yang baik
dan benar.
Ü Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung
jawab
Ü
Kewirausahaan /
EkonomiKreatif :
§
Percayadiri,
Berorientasitugasdanhasil.
E.
Materi
Pembelajaran
الحوار
خالد : السلام عليكم.
خليل : وعليكم السلام ورحمة الله
وبركاته.
خالد : صباح الخير.
خليل : صباح النور.
خالد : أنا خالد, أنا تلميذ جديد
في هذه المدرسة. من أنت؟
خليل : أنا خليل . أنا تلميذ جديد
أيضا في هذه المدرسة.
خالد : كيف حالك يا خليل ؟
خليل : بخير , والحمد لله. وكيف حالك أنت ؟
خالد : أنا أيضا بخيرٍ , والحمد
لله.
F.
Metode Dan Model Pembelajaran
§
Metode
- Metode ceramah digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran
terutama untuk kegiatan awal.
- Artikulasi.
§
Model
-
Demonstrasi.
-
Modeling the Way (Bermain Peran)
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
Nilaikarakter
|
v
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
§ Guru mengkondisikan
kelas dan persiapan untuk berdoa sebelum belajar.
§ Guru mengecek kehadiran siswa.
§ Guru bersama siswa membaca beberapa ayat Al-Quran.
§ Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian.
§ Menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran yang
lalu.
v
Kegiatan Inti
§ Siswa secara berpasangan mendemonstrasikan hiwar
di depan kelas dengan bimbingan guru.(Eksplorasi)
§ Siswa Mendemonstrasikanmaterihiwardengantepat (Eksplorasi)
§ Siswa Melafalkan
kosa kata dan kalimat dengan pelafalan
yang tepat dan benar (Elaborasi)
§ Siswa Menggunakan/
mengucapkan mufrodat dengan tepat
dalam berbagai kalimat. (Elaborasi)
§ Siswa Bertanya denganhal-hal yang masih belum jelas.(Elaborasi)
§ Guru memberikan
penguatan tentang kesimpulan التعارف
(Konfirmasi)
v
Kegiatan Penutup
§ Guru memberikan pertanyaan lisan.
§ Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
§ Melakukan pengayaan
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
§ Berdoa dan membaca hamdalah.
|
10
95
15
|
Pemahaman Konsep
|
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
H.
Sumber
Pembelajaran dan media
§ Buku Ayo memahami
Bahasa Arab untuk Kelas VII MTs, Terbitan Erlangga Jakarta
§ Kamus Bahasa Arab Al-Munawwir
§ Kartu
I.
Assessment
/ Penilaian
NilaiBudaya Dan KarakterBangsa
|
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung
jawab
|
§ Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat secara
berpasangan
§ Mengucapkan materi hiwar dengan lafal baik dan benar
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Demonstrasikan
|
Soal
Demonstrasikanhiwarberikut!
السلام عليكم
|
وعليكم السلام
|
ما اسْمك ؟
|
اسمي أحمد
|
كيف حالك ؟
|
بخيرٍ , والحمد لله
|
أهلا وسهلا .
|
أهلا بك.
|
هل أنت تلميذ ؟
|
نعم , أنا تلميذ
|
RubrikPenilaian
Jumlah
|
Skor
|
Aspek Yang
Dinilai
|
No.
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
Ketepatan Dan Penegasan
|
1
|
|||||
Artikulasi Dan
Makhraj
|
2
|
|||||
Intonasi
|
3
|
|||||
Perfomance/ Gaya
Bahasa
|
4
|
|||||
16
|
Skor Maksimun
|
Ket : 4 ( Baik sekali ) , 3 (Baik ) , 2 ( Kurang
) , 1 (Kurang sekali )
Nilai
|
Makassar, 11 September 2013
Mahasiswa
PPL
SyahrulSyiam
NIM. 20200110049
Mengetahui:
DosenPembimbing
Prof.
Dr. H. SabaruddinGarancang, M.A.
NIP.19541231
198103 1 057
|
Guru
Pamong
AsyikinS.Ag.
NIP.19751129 200710 1 001
|
0 comments:
Post a Comment