RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MTs NEGERI MODEL MAKASSAR
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 3x40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A. STANDAR KOMPETENSI
3. MEMBACA
Memahami wacana tertulisdalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang التعارف.
B. KOMPETENSI DASAR
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frasa, kalimat, dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang التعارف.
C. INDIKATOR
1. Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang التعارفdengan fasih, lancar dan benar.
2. Memahami bacaan tentang التعارف.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang التعارف dengan fasih, lancar dan benar.
Siswadapatmengertidanmemahami bacaan tentang التعارف
Karakter siswa yang diharapkan :
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
Kewirausahaan / EkonomiKreatif :
Percayadiri, Berorientasitugasdanhasil.
E. MATERI PEMBELAJARAN
أنا خالد , أنا من جاكرتا.-
أنا تلميذ جديد في المدرسة المتوسطة الإسلامية.
أنت خليل , أنت من باندونج , جاو الغربية .-
أنت تلميذ جديد أيضا في هذه المدرسة.
أنت عائشة , أنت من سمارنج , جاو الموسطى . -
أنتِ تلميذةجديدة في المدرسة المتوسطة الإسلامية.
هذا صديقي , اسمه حسن , هو من سورابايا , جاو الشرقية. -
هو تلميذ جديد أيضا في هذه المدرسة.
هذه صديقتي , اسمها حسنة , هي من شي فوتات, جاكرتا الجنوبية. -
هي تلميذة جديدة أيضا في هذه المدرسة.
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
- Metode ceramah digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
- Qiraah jahriyah (nyaring).
A.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
Nilaikarakter
|
v
Pendahuluan
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Guru mengkondisikan
kelas dan persiapan untuk berdoa sebelum belajar.
§ Guru mengecek kehadiran siswa.
§ Guru bersama siswa membaca beberapa ayat Al-Quran.
§ Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian.
§ Menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran yang
lalu.
v
Kegiatan Inti
§ Siswa menyimak teks yang dibacakan guru.(Eksplorasi)
§ Siswa membaca teks dalam hati dan menetukan kosa kata baru. (Eksplorasi)
§ Siswa berlatih melafalkan kosa kata baru (Elaborasi)
§ Mengungkapkan kembali isi materi dalam bentuk tulisan. (Elaborasi)
§ Siswa Bertanya denganhal-hal yang masih belum jelas.(Konfirmasi)
§ Guru memberikan
penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v
Kegiatan Penutup
§ Guru memberikan pertanyaan lisan.
§ Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
§ Melakukan pengayaan.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
§ Berdoa dan membaca hamdalah.
|
10
95
15
|
Pemahaman Konsep
|
Religius, Jujur,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
B.
Sumber
Pembelajaran
§ Buku Ayo memahami
Bahasa Arab untuk Kelas VII MTs, Terbitan Erlangga Jakarta
§ Kamus Bahasa Arab Al-Munawwir
C.
Assessment
/ Penilaian
NilaiBudaya Dan KarakterBangsa
|
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Religius, Jujur,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
§ Membaca kata dan kalimat dengan tepat dan benar
§ Mengerti dan memahami bacaan tentang التعارف
|
Tes Tulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
- Bacalah dengan benar teks berikut!
- Tentukan tema kalimat sederhana tersebut!
|
Instrumen
Penilaian
اِسْمِيْ خَالِدٌ أَنَا طَالِبٌ جَدِيْدٌ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ
الإِسْلَامِيْةِ الْحُكُوْمِيَّةِ الْمِثَالِيَّةِ
1.
Bacalah dengan benar
teks berikut!
2.
Tentukan tema kalimat
sederhana tersebut!
KunciJawaban
1.
-
2.
طالب جديد
Rubrik Penilaian
Jumlah
|
Skor
|
Aspek Yang
Dinilai
|
No
|
|||
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
Ketepatan Dan
Penegasan
|
1
|
|
|
|
|
|
Artikulasi Dan
Makhraj
|
2
|
|
|
|
|
|
Intonasi
|
3
|
|
|
|
|
|
Perfomance/ Gaya
Bahasa
|
4
|
|
16
|
Skor Maksimun
|
Ket
: 4 ( Baik sekali ) , 3 (Baik ) , 2 ( Kurang ) , 1 (Kurang sekali )
Rumus
Nilai
|
Jumlah perolehan Skor Maksimum x 100 |
Makassar, 16 September
2013
Mahasiswa
PPL
Muhammad
Ilham
NIM. 20200110037
Mengetahui:
DosenPembimbing
Prof. Dr. H.
SabaruddinGarancang, M.A.
NIP.19541231
198103 1 057
|
|
Guru Pamong
AsyikinS.Ag.
NIP.19751129
200710 1 001
|
0 comments:
Post a Comment