RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MTs NEGERI MODEL MAKASSAR
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 3x40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
1. MENYIMAK/ISTIMA'
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk
paparan atau dialog sederhana tentangالتعارف.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase, atau
kalimat) tentang التعارف.
C.
INDIKATOR
1.
Melafalkan bunyi huruf hijaiyah, kata-kata, frase yang diperdengarkan.
2.
Menyebutkan kata atau frase yang diperdengarkan.
3.
Membedakan bunyi ujaran vokal panjang/pendek kata-kata arab yang
diperdengarkan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat melafalkan bunyi huruf
hijaiyah, kata-kata, frase yang diperdengarkan.
§ Siswa dapat menyebutkan kata atau frase
yang diperdengarkan.
§ Siswa dapat membedakan bunyi
ujaran vokal panjang/pendek kata-kata arab yang diperdengarkan.
Ü Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung
jawab
Ü
Kewirausahaan /
EkonomiKreatif :
§
Percayadiri, Berorientasi tugas dan
hasil.
E.
Materi
Pembelajaran
Dengarkan dan tirukan!
§
هَلْ
اَنْتَ مِنْ سورابا يا ؟
§
مًنْ
ذَلِكَ؟ مَنْ تِلْكَ؟ مَا هَذَا ؟ مَا هَذِهِ ؟
§
مِنْ
اَيْنَ اَنْتَ؟ مِنْ اَيْنَ اَنْتِ؟
§
صَبأحَ
الْخَيْر؟ مَسَاءَ الْخَيْر؟
F.
Metode dan model Pembelajaran
§
Metode
- Audiolingual dan metode langsung (مباشرة).
§
Model
-
Peniruan, stimulus-respon, dan penguatan.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
Nilaikarakter
|
v
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
§ Guru mengkondisikan
kelas dan persiapan untuk berdoa sebelum belajar.
§ Guru mengecek kehadiran siswa.
§ Guru bersama siswa membaca beberapa ayat Al-Quran.
§ Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian.
§ Menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran yang
lalu.
v
Kegiatan Inti
§ Guru
menyiapkan bahan ajar yang
akan diperdengarkan yang terkait dengan materi.(Eksplorasi)
§ Guru memperlihatkan dan/atau memperdengarkan bahan
pelajaran. (Eksplorasi)
§ Siswa menirukan bunyi huruf hijaiyah yang diperdengarkan. (Elaborasi)
§ Siswa secara individu
melakukan pengamatan terhadap contoh bunyi huruf hijaiyah yang memiliki
kemiripan bunyi yang diperdengarkan dan/atau diperlihatkan.(Eksplorasi)
§ Siswa mengidentifikasi bunyi ujaran kata-kata Arab yang
diperdengarkan(Konfirmasi)
§ Siswa membedakan
bunyi ujaran vokal panjang/pendek kata-kata Arab yang diperdengarkan. (Konfirmasi).
§ Guru memberikan
penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v
Kegiatan Penutup
§ Guru melaksanakan
penilaian lisan.
§ Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran .
§ Melakukan pengayaan.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
§ Berdoa dan membaca hamdalah.
|
10
95
15
|
Pemahaman Konsep
|
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
H.
Sumber
Pembelajaran dan media
Sumber:
§ Buku Ayo memahami
Bahasa Arab untuk Kelas VII MTs, Terbitan Erlangga Jakarta
§ Kamus Bahasa Arab Al-Munawwir
Media:
§ Audiovisual
§ Laptop dan LCD.
I.
Assessment
/ Penilaian
NilaiBudaya Dan KarakterBangsa
|
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung
jawab
|
§ Melafalkan bunyi huruf
hijaiyah, kata-kata, frase yang diperdengarkan.
§ Menyebutkan kata atau frase
yang diperdengarkan
§ Membedakan bunyi ujaran
vokal panjang/pendek kata-kata arab yang diperdengarkan.
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Ujaran
Ujaran
Ujaran
|
Lingkapi pada
huruf yang sesuai dengan yang didengar!
|
InstrumenPenilaian
Lengkapi kalimat
berikut sesuai dengan yang didengar!
1. مِنْ
...... اَنْتَ؟
2. اَنَا
..... مكسر.
3. صَبَاحَ
....؟ .... النُّوْر!
4. مَنْ
.....؟ هَذِهِ سَبُّوْرَةٌ.
Kunci Jawaban
1. ايْنَ
2. مِنْ
3. الْخَيْر , صَبَاحَ.
4. هَذِهِ.
RubrikPenilaian
Jumlah
|
Skor
|
Aspek Yang
Dinilai
|
No.
|
|||
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
Ketepatan Dan
Penegasan
|
1
|
|
|
|
|
|
Artikulasi Dan
Makhraj
|
2
|
|
|
|
|
|
Intonasi
|
3
|
|
|
|
|
|
Perfomance/ Gaya
Bahasa
|
4
|
|
16
|
Skor Maksimun
|
Ket : 4 ( Baik sekali ) , 3 (Baik ) , 2 ( Kurang
) , 1 (Kurang sekali )
Rumus
Makassar, 9September
2013
Mahasiswa
PPL
Muhammad
Ilham
NIM.
20200110037
Mengetahui:
Dosen Pembimbing
Prof.
Dr. H. Sabaruddin Garancang, M.A.
NIP.19541231
198103 1 057
|
|
Guru
Pamong
Asyikin
S.Ag.
NIP.19751129 200710 1 001
|
0 comments:
Post a Comment