Tuesday, March 3, 2015

Media Audio Visual Dan Pengajarannya Di Madrasah Tsanawiyah

A. Pengertian media dan peranannya
1. Pengertian media
Menurut bahasa kata media berasal dari kata latin” medius” yang artinya “tengah atau perantara”. Sedangkan dalam bahasa arab berasal dari kata wasaaila, artinya pengantar pesan dari pengirim kepada penerima.
Secara luas media pengajaran diartiakan “ setiap orang, bahan, alat atau kejadian yang memantapkan kondisi  kemungkinan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan,dan sikap. Dalam pengertian ini guru, buku teks,dan lingkungan sekolah adalah media.


2. Peranan media dalam pembelajaran
Media pembelajaran merupakan wahana penyalur atau wadah pesan pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Disamping dapat menarik perhatian siswa, media pembelajaran juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam suatu mata pelajaran. Dalam penerapan pembelajaran disekolah, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik perhatian dengan memanfaatkan media pembelajaran yang kreatif, inovatif atau variatif, sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan mengoptimalkan proses dan berorientasi pada prestasi belajar.
Secara lebih detail, Al- fauzan(2003) menyebutkan bahwa media pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting untuk meningkatkan efektifitas proses belajar menagajar sebagaimana berikut:

a. Memperkaya pengalaman peserta didik
b. Ekonomis
c. Meningkatkan perhatian belajar peserta didik
d. Membuat peserta didik lebih siap belajar
e. Mengikut sertakan banyak panca indara dalam proses pembelajaran
f. Meminimalisir perbedaan persepsi antara guru dan peserta didik
g. Menambah kontribusi positif peserta didik dalam memperoleh pengalaman belajar
h. Membantu menyelesaikan perbedaaan pribadi antara peserta didik

B. Penggunaan Media audio visual dalam proses pembelajaran (sam’iyyah- basyariyah)
Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Media audio visual disebaut juga sebagai media video. Video merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Dalam media video terdapat dua unsur yang saling bersatu yaitu audio dan visual. Adanya unsur audio
memungkinkan siswa untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui pendengaran, sedangkan unsur visual memungkinkan menciptakan pesan belajar melalui bentuk visualisasi.
Menurut Ronal Anderson (1994:99), media video adalah merupakan rangkaian gambar elektronis yang disertai oleh unsur suara audio juga mempunyai unsur gambar yang dituangkan melalui pita video (video tape). Rangkaian gambar elektronis tersebut kemudian diputar dengan suatu alat yaitu video cassette recorder atau video player.

 Media audio visual dibedakan menjadi dua yaitu:
1. Media audio visual diam. Adalah media audio visul yang menampilkan suara dan gambar diam(tidak bergerak). Misalnya, film bingkai suara sound system, film rangkai suara, dan cetak suara.
2. Media audio visual gerak. Adalah media audio visual yang menampilkan unsure suara dan gambar yang bergerak. Misalnya, film suara dan video cassette.

Dalam pengajaran bahasa arab media yang paling lengkap adalah media dengar pandang(sam’iyah basyariah/ audio visual), karena dengan media ini terjadi proses saling membantuantara indra dengar dengan indra pandang. Yang termasuk media ini adalah televisi, computer, DVD dan lain-lain.

C. Karakteristik dan tujuan media audio visual
1. Karakteristik media audio visual
Menurut Ronald Anderson (1994:103-105) bahwa dalam media audio visual  terdapat kelebihan dan kekurangan, antara lain:
a. Kelebihan media audio visual:
a) Dapat digunakan untuk klasikal atau individual
b) Dapat digunakaan seketika.
c) Digunakan secara berulang.
d) Dapat menyajikan obyek secara detail
e) Tidak memerlukan ruang gelap
f) Dapat di perlambat dan di percepat
g) Dapat menyajikan gambar dan suara

b. Kelemahan media audio visual:
a) Sukar untuk dapat direvisi
b) Relatif mahal
c) Memerlukan keahlian khusus

2. Tujuan media audio visual
Ronald Anderson (1994:102) mengemukakan tentang beberapa tujuan dari
pembelajaraan mengunakan media audio visual, antara lain:
a. Tujuan kognitif :
a) Dapat mengembangkan mitra kognitif yang menyangkut kemampuan mengenal kembali dan kemampuan memberikan rangsangan gerak dan serasi.
b) Dapat menunjaukan serangkaian gambar diam tanpa suara sebagai media foto dan film bingkai meskipun kurang ekominis.
c) Melalui audio visual dapat pula diajarkan pengetahuaan tentang hukum-hukum dan prinsip – prinsip tertentu.
d) Audio visual  dapat digunakan untuk menunjukan contoh dan cara bersikap atau berbuat dalam suatu penampilan, khususnya yang menyangkut interaksi siswa.

b. Tujuan afektif
a) Audio visual merupakan media yang baik sekali untuk menyampaikan informasi dalam mitra afektif.
b) Dapat menggunakan efek dan teknik, audio visual dapat menjadi media yang sangat baik dalam mempengaruhi sikap dan emosi.

c. Tujuan psikomotorik :
a) Audio visual  merupakan media yang tepat untuk memperlihatkan contoh keterampilan yang menyangkut gerak. Dengan alat ini dijelaskan, baik dengan cara memperlambat maupun mempercepat gerakan yang ditampilkan.
b) Melalui media audio visual siswa dapat langsung mendapat umpan balik secara visual terhadap kemampuan mereka sehingga mampu mencoba ketrampilan yang menyangkut gerakan tadi.

D. Pemanfaatan media dalam pembelajaran 
Peserta didik saat ini sangat menuntut guru untuk mengajar lebih kreatif dan tidak membosankan, Karena itu guru sangat memerlukan metode dan tehnik-tehnik baru dalam mengajar. Termasuk mencari media pembelajaran sebagai bagian dari al-wasail at ta’limiyahal- mu’inah (alat bantu mengajar/ teaching aids) yang sangat diperlukan.
Ada dua defenisi media yang sering digunakan orang. Defenisi pertama adalah inovasi teknologi yang digunakan dalam pembelajaran yang biasanya peraalatan yang bersifat mekanis. Pengertian kedua adalah segala macam benda yang bersifat mekanis, atau bias buatan sendiri, atau bahkan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang digunakn dalam pembelajaran.
Jika kita melihat pengertian yang pertama, yang akan terjadi adalah asumsi bahwa media pembelajaran selalu membutuhkan biaya. Tapi, jika kita menggunakan defenisi kedua, kita akan terpacu untuk membuat dan menemukan media baru yang  bisa digunakan untuk mengajar dikelas. Media tersebut bisa berupa flashcard, artikel, brosur atau bahkan benda baru yang belum pernah terpikirkan. Contoh, salah seorang guru yang telah berhasil menggunakan tutup botol kecap untuk pembelajaran matematika. Ada banyak keuntungan yang didaptakan dalam menggunakan media buatan sendiri. Yang pertama, kita bias menyesuaikan tingkat kebutuhan peserta didik. Kedua, kita bisa memakainya kembali untuk kesempatan- kesempatan yang lain. Dan  yang ketiga dapat menghemat biaya.
Kemudian dalam pembelajaran dengan menggunakan media dari teknologi. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh, baik dari peserta didik maupun dari instruktur atau guru. Bagi peserta didik, pembelajaran dengan menggunakan media dari teknologi akan menjadi motivasi tersendiri, yaitu dengan adanya satu perubahan energy didalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan. Reaksi yang muncul dari pembelajaran berupa tindakan verbal yang menunjukkan peserta didik tersebut aktif dikelas ataupun tindakan non verbal yang dapat ditunjukkan melalui nilai tes hasil ujian.
 Adapun bagi guru atau instruktur pembelajaran bahasa dengan menggunakan teknologi akan mendapatkan kemudahan-kemudahan. Melalui internet misalnya, guru akan dapat memperoleh kemudahan dalam mencari bahan pengajaran, perangkat, dan juga soal-soal. Guru juga akan lebih mudah menjelaskan materi- materi kepada peserta didik yang selama ini hanya abstrak. Disamping itu, dengan penguasaan beberapa aplikasii grafis dan pengolahan teks dan gambar dapat disesuaikan  silabus dan RPP dapat disusun dan di simpan disebuah situs pribadi yang dapat di aplikasikan setiap saat sesuai dengan kebutuhan.

PENUTUP
A. Kesimpulan
Adapun kesimpulan dari makalah kami yaitu:
1. Media pembelajaran merupakan wahana penyalur atau wadah pesan pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam prose belajar mengajar. Disamping dapat menarik perhatian siswa, media pembelajaran juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam suatu mata pelajaran. Dalam penerapan pembelajaran disekolah, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik perhatian dengan memanfaatkan mediapembelajaran yang kreatif, inovatif atau variatif, sehingga pembelajara dapat berlangsung dengan mengoptimalkan proses dan berorientasi pada prestasi belajar.

2. Media audio visual dibedakan menjadi dua yaitu:
a. Media audio visual diam. Adalah media audio visul yang menampilkan suara dan gambar diam(tidak bergerak). Misalnya, film bingkai suara sound system, film rangkai suara, dan cetak suara.
b. Media audio visual gerak. Adalah media audio visual yang menampilkan unsure suara dan gambar yang bergerak. Misalnya, film suara dan video cassette.

3. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh, baik dari peserta didik maupun dari instruktur atau guru. Bagi peserta didik, pembelajaran dengan menggunakan media dari teknologiakan menjadi motivasi tersendiri, yaitu dengan adanya satu perubahan energy didalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan. Reaksi yang muncul dari pembelajaran berupa tindakan verbal yang menunjukkan peserta didik tersebut aktif dikelas ataupun tindakan non verbal yang dapat ditunjukkan melalui nilai tes hasil ujian. Adapun bagi guru atau instruktur pembelajaran bahasa dengan menggunakan teknologi akan mendapatkan kemudahan-kemudahan. Melalui internet misalnya, guru akan dapat memperoleh kemudahan dalam mencari bahan pengajaran, perangkat, dan juga soal-soal

B. Saran 
Penulis menyarankan kepada para pembaca untuk mempelajari lebih lanjut akan materi media audio visual dalm pembelajaran bahasa arab  melalui referensi-referensi lain, oleh karena makalah yang kami tulis ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Untuk itu penulis mengharapkan saran-saran yang sifatnya membangun untuk menunjang kesempurnaan makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA
Hamid, abdul. Pembelaajaran bahasa arab.I.malang;iun-malang press,2008
Arsyad, azhar. bahasa arab dan metode pengajarannya.I.Yogyakarta; pustaka pelajar, 2003
Rumiati. Bahan ajar pengembangan PKn 1. Makassar;2012
http//:google.com

0 comments:

Post a Comment