Thursday, November 29, 2012

Iman Kepada Hari Akhir



A. Pengertian Hari Akhirat
1. Hari kiamat adalah hari akhir kehidupan seluruh manusia dan makhluk hidup di dunia yang harus kita percayai kebenaranmya dimana menjadi jembatan untuk menuju ke kehidupan selanjutnya di akhirat yang kekal dan abadi.
2. Iman kepada hari akhir adalah mempercayai dengan sepenuh hati tanpa keraguan sedikit pun bahwa sesudah alam dunia yang fana ini masih ada alam akhirat yang sifatnya kekal.
B. Alam Gaib Yang Berhubungan Dengan Hari Akhirat
1. Yaumul Barzakh (Masa Penantian Sebelum Terjadinya Hari Kiamat Besar).
2. Yaumul Ba’ats (Hari kebangitan dari Alam Kubur) .
3. Yaumul Hasyr (Hari Berkumpul di padang Mahsyar).
4. Yaumul Hisãb (Hari Perhitungan/Pemeriksaan).
5. Yaumul Mîzan (Hari Pertimbangan Amal) .
6. Yaumul Jaza (Hari Pembalasan) .

C. Hari Akhir Menurut Al-Qur'an (Dalil Naqli)
“ Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran. Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.” (Qs al qaari'ah: 1-5).
D. Hari Akhir Menurut Ilmu Pengetahuan (Dalil Aqli)
  1. Menurut Ahli Astronomi
    Bumi dan planet-planet lainnya berputar mengelilingi matahari secara teratur dan sempurna masing-masing planet mempunyai daya tarik-menarik sehingga beredar dan bergerak seimbang/serasi. Namun daya tarik menarik itu semakin lama akan semakin berkurang bahkan hilang sama sekali, akhirnya akan saling bertabrakan dan hancur
  2. Menurut ahli Geologi
    Di dalam perut bumi terdapat gas yang panas yang berkembang dan terus menerus menekan kearah luar bumi. Akan tetapi bumi itu sendiri mendapat tekanan (atmosfir) dari luar atau permukaannya, sehingga terjadilah keseimbangan. Namun diperkirakan bahwa tekanan dari luar semakin lama semakin lemah, bahkan tak berdaya lagi akhirnya mengakibatkan gas bumi akan meledak dengan ledakan yang sangat dahsyat dan akan mengeluarkan bola api raksasa yang membawa kehancuran.
  3. Menurut Ahli Fisika 
    Menurut Teori Ilmu Alam bahwa sumber energi terbesar yang dapat memenuhi kebutuhan semua kehidupan di dunia ini adalah matahari. Begitu juga daya tarik antara benda-benda angkasa (planet) itu ada ketergantungan dengan energi matahari. Namun lambat laun sinar matahari semakin melemah, akibatnya mempengaruhi daya tarik diantara planet-planet tersebut akhirnya tidak ada keseimbangan, maka terjadilah tabrakan diantara mereka.
  4. Pendapat lain dari Sarjana Astronomi Jh. Van Vierngen dan kawan-kawannya. 
    Mereka memperkirakan bahwa alam semesta ini akan meletus akibat dari pengembangan yang terus menerus tanpa batas. Diumpamakan seseorang yang meniup balon terus menerus tanpa henti maka balon tersebut akan meledak. Sampai saat ini alam ini sedang terus mengalami pengembangan, sehingga akan melebihi kapasitas maksimal, akibatnya langit yang membentang luas itu akan pecah dan hancur berantakan.
E. Fungsi Beriman Kepada Hari Akhirat
  1. Menambah keyakinan bahwa perbuatan di dunia sebagai bekal kehidupan di akhirat.
  2. Meyakini bahwa Allah swt akan memberikan balasan kepada hambanya sesuai dengan amal perbuatannya masing-masing.
  3. Dengan meyakini adanya hari akhir, maka seseorang akan memiliki sifat optimis dalam menjalani kehidupan di dunia ini untuk menyongsong kehidupan yang hakiki dan abadi kelak di akhirat.
  4. Menumbuhkan sifat ikhlas dalam beramal, istiqomah dalam pendirian dan khusuk dalam beribadah.
  5. Senantiasa melaksanakan amar ma’ruf dan nahi munkar untuk mencapai ridha Allah swt.
  6. Meyakini bahwa segala perbuatan selama hidup di dunia ini yang baik maupun yang buruk harus dipertanggung jawabkan dihadapan Allah swt kelak di akhirat.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Kumpulan Materi Kuliah Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger