Thursday, November 29, 2012

Contoh Materi Muthola'ah


القرية
فى الأسبوع الماضى زار احمد عمه. وهو يسكن فى قرية بعيدة عن المدينة. والعم فلاّح مجدّ , له مزارع واسعة. ذات صباح تجوّل احمد بين المزارع ويرافقه ابن عمه هاشم. شاهد احمد الفلاّحين و هم يعملون فى مزارعهم. منهم من يحرث الارض و هو يستخدم الجاموس. و منهم من يزرع الرزّ و منهم من يسقى الحضروات.
أهالى هذه القرية اكثرهم الفلاّحون. هم يجتهدون فى أعمالهم و يتعاونون عليها. فى القرية نهر كبير و هو يجرى بين اراضيها و مزارعها الواسعة. فتنبت فيها أنواع من الاشجار و الازهار و تنبت فيها أنواع من الحضروات و الفواكه. شاهد احمد جبلا. و الجبل مرتفع جدا و هو بعيد عن القرية.


DESA
Pada minggu yang lalu, ahmad mengunjungi pamannya. Pamannya itu tinggal di desa yang jauh dari kota. Dan pamannya itu adalah petani yang bersungguh-sungguh. Dia memiliki sawah-sawah yang luas. Pada suatu pagi ahmad menuju ke anatara sawah-sawah dan dia di temani oleh sepupunya hasyim. Ahmad melihat para petani sedang bekerja di sawah-sawah mereka. Di antara mereka ada yangmembajak tanah dengan menggunakan kerbau. Dan di antara mereka ada yang sedang menanam padi. Dan diantara mereka ada yang sedang menyiram sayur-sayuran.
Para penduduk kampung ini kebanyakan dari mereka adalah petani. Mereka bersungguh-sungguh dalam pekerjaan mereka dan saling tolong menolong di dalamnya. Di kampung itu tumbuh bermacam-macam pohon dan bunga-bunga dan di dalamnya terdapat pula sayur-sayuran dan buah-buahan. Ahmad melihat gunung. Gunung itu sangat tinggi dan terletak jauh dari desa.

Analisis Mufradhat :

Minggu lalu : الاسبوع الماضى 
Bersungguh-sungguh : مجد
Pada suatu pagi : صباح  ذات
Menemani : يرافق
Membajak : حرث – يحرث
Menggunakan :استخدم – يستخدم 
Menanam : زرع – يزرع
Menyiram : سقى – يسقى 
Sayur-sayuran :الخضروات 
Penduduk : اهل  ج  أهالى 








Analisis ilmu nahwu (qawa’id) :

Dalam kalimat ini kebanyakan terdapat bentuk jumlah fi’liyah. Misalnya saja dalam kata :احمد بين المزارع  تجول  dalam kalimat ini, kata تجول sebagai fi’il madhi yang menghendaki pelaku atau فاعل yang mana fa’il atau pelaku dari kata itu adalah احمد yang hukumnya di rafa’ dengan tanda rafa’ dhammah.
Kemudian ada di antara kalimat ini menggunakan ظرف yaitu kata keterangan, baik itu kata keterangan waktu dan kata keterangan tempat.
Misalnya dalam kalimat : فى الاسبوع الماضى زار احمد عمه  . dlam kalimat ini menggunakan kata keterangan waktu yang di letakkan di awal kalimat dan kemudian di lenjutkan dengan menggunakan jumlah fi’liyah yang mana kata زار berkefufukan sebagai fi’il madhi yang menghendaki pelaku atau fa’il yaitu kata احمدyang hukumnya di rafa’ dengan tanda rafa’ dhammah, sedangkan kata عمه adalah berkedudukan sebagai مفعول به  atau objek yang hukumnya di nasab dengan tanda nasab fathah.

0 comments:

Post a Comment