PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Satuan Pendidikan : Madrasah
Tsanawiyah
Tahun Pelajaran : 20.....
/ 20.....
Kelas : Tujuh ( VII )
Semester : 1 ( Satu )
Standar Kompetensi /
Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
B U L A N
|
|||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
MENYIMAK/ISTIMA'
1.
(Memahami wacana
lisan melalui kegiatan mendengarkan
baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang التعارف)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1.
Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah
dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan
tentang التعارف
dengan ca-ra menco-cokkan dan
membedakan secara tepat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wa-cana
lisan sederhana yang meli-puti kata
sapaan (إلقاء التحيات),
kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3.
Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan
atau dialog sederhana yang mengguna-kan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti
tunggal للمفرد اسم الضمير)) , kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BERBICARA/KALAM
2.
( Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman
atau informasi melalui kegiatan
bercerita dan bertanya jawab tentang التعارف )
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Melakukan dialog se-derhana dengan tepat ten-tang
taaruf dengan menggunakan (إلقاء التحيات), kata ganti
tunggal (للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan أدوات الجر) )
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
Menyam-paikan informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat
sederhana sesuai konteks yang mencer-minkan kecakapan berbahasa yang santun
meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata
depan (أدوات الجر)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MENULIS/KITABAH
3.
(Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui
kegiatan meringkas dan menulis tentang التعارف)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah,
kata, frasa, dan kalimat tentang taaruf dengan
tanda baca yang tepat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
Mengung-kapkan informasi secara tertulis dalam
kalimat sederhana tentang التعارف
dengan tepat menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti
tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BERBICARA/KALAM
4.
(Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman serta
informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang مدرستى )
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1
Melakukan dialog sederhana dengan lancar dengan
tepat dan benar menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti
tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2
Menyampaikan informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat
sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti
tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata
sifat (النعت) termasuk warna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MEMBACA/QIRA'AH
5.
(Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca , menganalisis dan
menemukan pokok pikiran tentang مدرستى
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.1
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah,
kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang
menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam
wacana tertulis sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti
tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.3
Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari
wacana sederhana tentang “مدرستى” dengan tepat dan
benar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MENULIS/KITABAH
6.
(Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi
melalui kegiatan menulis tentang مدرستى)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.1
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah,
kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang
tepat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2
Mengung-kapkan in-formasi/ gagasan secara
tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى “
dengan menggunakan kata sapaan
(إلقاء التحيات), kata ganti
tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mahasiswa PPL
Muhammad Ilham
Nim:20200110037
Mengetahui
Dosen Pembimbing Guru Pamong
Sabaruddin Garancang. M.A. Asyikin S.Ag.
Nip: 19541231 198103 1 057 Nip: 19751129 200710 1 001
0 comments:
Post a Comment