Saturday, November 29, 2014

Contoh Program Semester

PROGRAM SEMESTER


Mata Pelajaran          :  Bahasa Arab
Satuan Pendidikan   :  Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran       :  20..... / 20.....
Kelas                          :  Tujuh ( VII )
Semester                :  1 ( Satu )


Standar Kompetensi /
Kompetensi Dasar
Alokasi
Waktu
B U L A N

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
MENYIMAK/ISTIMA'
1.    (Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف)

























1.1.        Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan tentang التعارف dengan ca-ra menco-cokkan dan  membedakan secara tepat

























1.2.        Menemukan informasi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wa-cana lisan  sederhana yang meli-puti kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)

























1.3.        Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana yang mengguna-kan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير)) , kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)

























BERBICARA/KALAM
2.      ( Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  atau  informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang التعارف )

























2.1          Melakukan dialog se-derhana dengan tepat ten-tang taaruf dengan menggunakan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  (للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan  أدوات الجر) )

























2.2          Menyam-paikan informasi secara lisan dengan lafal  yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencer-minkan kecakapan berbahasa yang santun meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan   (أدوات الجر)

























MENULIS/KITABAH
3.      (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang التعارف)

























3.1          Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang taaruf dengan tanda baca yang tepat

























3.2          Mengung-kapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang التعارف dengan tepat menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)

























BERBICARA/KALAM 
4.      (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang مدرستى )

























4.1          Melakukan dialog sederhana dengan lancar dengan tepat dan benar menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)  dan kata sifat (النعت)  termasuk warna.

























4.2          Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal  yang tepat dalam kalimat sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat  (النعت)  termasuk warna

























MEMBACA/QIRA'AH
5.      (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca , menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang مدرستى

























5.1          Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)    dan kata sifat (النعت) termasuk warna

























5.2          Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)    dan kata sifat (النعت) termasuk warna

























5.3          Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana  tentang “مدرستى” dengan tepat dan benar 

























MENULIS/KITABAH
6.      (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang مدرستى)

























6.1          Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang tepat

























6.2          Mengung-kapkan in-formasi/ gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى “  dengan  menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna

























Mahasiswa PPL




Muhammad Ilham
Nim:20200110037

Mengetahui
Dosen Pembimbing                                                                                                                                                               Guru Pamong




Sabaruddin Garancang. M.A.                                                                                                                                             Asyikin S.Ag.
Nip: 19541231 198103 1 057                                                                                                                                                 Nip: 19751129 200710 1 001