Monday, May 26, 2014

Makalah Metode Pendidikan Islam


A.      PENDAHULUAN

     Semakin berkembangnya dunia dari tahun-ketahun mengakibatkan banyak perubahan dalam diri dunia Islam. Baik dari segi agama, pendidikan, politik dan seterusnya. Terutama dalam bidang pendidikan, akibat adanya sikap serba boleh dan pemenjaan dari orang tua, banyak anak-anak terjerumus pada pergaulan yang mengabaikan syari'at. Banyak kaum wanita melupakan fitrohnya sebagai seorang ibu yang berkewajiban mendidik putra-putrinya.

Sehingga mengakibatkan dunia anak sia-sia. Pemberian andel yang cukup banyak dalam kesia-siaan trsebut adalah metode pendidikan barat yang tampaknya telah menjadi kiblat pendidikan kita. Sebenarnya Islam mempunyai metode pendidikan yang sempurna kepada umat manusia, terutama dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu dalam makalah ini kami akan sedikit membahas tentang metode-metode pendidikan dalam Islam

B.       RUMUSAN MASALAH

1.      Apa pengertian Metode Pendidikan Islam ?
2.      Apa saja fungsi Metode Pendidikan Islam ?
3.      Apa saja asas-asas Metode Pendidikan Islam ?
4.      Bagaimana cara pendekatan Metode Pendidikan Islam ?

5.      Apa saja prinsi-prinsip Metode Pendidikan Islam ?

Download Makalah Lengkapnya dengan Klik DI SINI...

Terima Kasih.. Sekian...

Tuesday, May 13, 2014

Contoh RPP Bahasa Arab Ta'aruf - Menulis - KD 1.1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Madrasah : MTs NEGERI MODEL MAKASSAR
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VII /1
Alokasi Waktu : 3x40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A. STANDAR KOMPETENSI
4. MENULIS/KITABAH
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan informasi melalui kegiatan menulis tentang التعارف.

B. KOMPETENSI DASAR
4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentangالتعارف.

C. INDIKATOR
1. Menulis kata, frasa, kalimat sederhana sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat).
2. Menulis kata-kata atau kalimat seperti yang dicontohkan (imla' manqul).
3. Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang sempurna.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menulis kata, frasa, kalimat sederhana sesuai dengan contoh dengan tepat dan benar (khat).
Siswa dapat menulis kata-kata atau kalimat seperti yang dicontohkan (imla' manqul).
Siswa dapat menyusun kata-kata menjadi kalimat yang sempurna.

Karakter siswa yang diharapkan :
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab

Kewirausahaan / EkonomiKreatif :    
Percayadiri, Berorientasi tugas dan hasil.

E. MATERI PEMBELAJARAN

Menyusun kata menjadi kalimat:

أهلا و سهلا !
كيف حالك ؟
صباح الخير اسمي محمد. انا تلميذ فى المدرسة المتوسطة .....
أنا من مالنج جاوى الشرقية. و هذا صورة ابي. هو طبيب فى المستشفى .......

F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Diskusi
Imla'
Numbered Heards Together (NHT)

A.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
Nilaikarakter
v  Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
§  Guru mengkondisikan kelas dan persiapan untuk berdoa sebelum belajar.
§  Guru mengecek kehadiran siswa.
§  Guru bersama siswa membaca beberapa ayat Al-Quran.
§  Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian.
§  Menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran yang lalu.
v  Kegiatan Inti
§  Guru mendiktekan kata-kata atau kalimat-kalimat. (Eksplorasi)
§  Guru membagikan amplop yang berisikan kata yang akan disusun menjadi sebuah kalimat. (Eksplorasi)
§  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. (Eksplorasi)
§  Tiap kelompok terdiri dari 6 orang siswa. (Eksplorasi)
§  Siswa menulis kata-kata yang dipraktekkan oleh guru.(Elaborasi)
§  Siswa menyusun kata menjadi kalimat yang lengkap. (Elaborasi).
§  Siswa mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru. (Elaborasi)
§  Siswa menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui. (Konfirmasi)
§  Siswa menjelaskan hal-hal yang belum diketahui. (Konfirmasi)
§  Guru bersama siswa memperbaiki pekerjaan mereka. (Konfirmasi)
v  Kegiatan Penutup
§  Guru memberikan pertanyaan lisan.
§  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
§  Melakukan pengayaan.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
§  Berdoa dan membaca hamdalah.
10












95




















15
Pemahaman Konsep










Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab

B.           Sumber Pembelajaran dan media
Sumber:
§    Buku Ayo memahami Bahasa Arab untuk Kelas VII MTs,  Terbitan Erlangga Jakarta
§    Kamus Bahasa Arab Al-Munawwir
§    Kartu kosa kata.

C.          Assessment /  Penilaian
NilaiBudaya Dan KarakterBangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§ Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab

§  Menulis kata, frasa, kalimat sederhana sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat)
§  Menulis kata-kata atau kalimat seperti yang dicontohkan (imla' manqul).
§  Menyusun kata-kata menjadi kalimat yang sempurna.
Tes tulis



Tes tulis



Tes tulis
(kerja kelompok)
Imla'



Imla'


Imla' menyusun kata mejadi kalimat
-Tulislah kata-kata berikut dan susunlah menjadi sebuah kalimat yang benar!

InstrumenPenilaian

Tulislah kata-kata berikut dan susعnlah menjadi kalimat yang benar!

1.      الله – عليكم – و – بركاته – و – السلام – رحمة
2.      من – خليل – اسمي – باندونج – أنا
3.      المدرسة – أنت – هذه – هل – جديد – في –تلميذ ؟
4.      في – اسمي – المتوسطة – عائشة – أنا – الإسلامية – تلميذة – المدرسة – جديدة
5.      لله – بخيرٍ – الحمد لله – أنا


Rubrik Penilaian

Jumlah
Skor
Aspek Yang Dinilai
No.

4
3
2
1





Ketepatan Tulisan
1





Keindahan
2





Ketepatan Kaidah
3





Pengembangan Ide
4

16
Skor Maksimun
            Ket  : 4 ( Baik sekali ) , 3 (Baik ) , 2 ( Kurang ) , 1 (Kurang sekali )


Rumus

Nilai

     Makassar, 20 September 2013
                                                                                   
                                                                                                      Mahasiswa PPL




                                                                                                       Muhammad Ilham
                                                                                                       NIM. 20200110037

Mengetahui:
DosenPembimbing




Prof. Dr. H. SabaruddinGarancang, M.A.
NIP.19541231 198103 1 057


Guru Pamong




AsyikinS.Ag.
NIP. 19751129 200710 1 001